Putri Bali Rental

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat dan Daya Tarik Terindahnya

Taman Nasional Bali Barat ialah tempat yang digunakan untuk menjaga flora fauna endemic Bali yang hampir punah, seperti Jalak Bali. Apabila Anda berlibur ke Bali wajib banget untuk mampir ke TN Bali Barat ini.

Tidak hanya menjadi habitat yang dapat melindungi flora dan fauna, TNBB ini juga menyimpan pesona taman nasional Bali Barat yang tak kalah dengan taman menarik lainnya.

Nah, kira-kira apa saja sih daya tarik taman nasional Bali Barat sehingga Anda direkomendasikan untuk berkunjung kesini? Yuk simak bersama!

Lokasi Taman Nasional Bali Barat

Taman National ini terletak di bagian barat dari Pulau Bali dan berada pada dua wilayah yakni Jalan Raya Cekik Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana dan di Desa Sumberkelampok,Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Daya Tarik Taman Nasional Bali Barat

Berikut ini adalah pesona, keunikan, dan keindahan taman nasional Bali Barat yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

1. Memiliki Keindahan Alam

TNBB ini diapit oleh beberapa gunung dan pulau kecil sehingga Anda bisa menemukan perpaduan ekosistem darat dan laut yang indah. Untuk ekosistem darat sendiri meliputi savanna, evergreen, river rain forest, hutan pantai, hutan mangrove, hutan musim, dan hutan hujan dataran rendah.

Sementara untuk ekosistem laut meliputi pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam, coral reef, dan padang lamun. Ekosistem inilah yang membuat TNBB menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi karena menawarkan keindahan alam yang mempesona.

2. Memiliki Flora dan Fauna yang Dilindungi

Daya tarik pertama dari TN Bali Barat ini ialah terdapat ratusan spesies baik hewan maupun tumbuhan yang dilindungi di taman ini. Hewan yang dilindungi TNBB seperti  kalong, lutung, aneka burung, rusa, benteng dan lainnya. Adapun salah satu spesies hewan yang sangat dilindungi yaitu Jalak Bali.

Secara menyeluruh, TNBB diketahui mempunyai 17 jenis mamalia, 160 jenis burung dan berbagai jenis reptile maupun ikan yang tumbuh di kawasan tersebut. Flora di taman nasional Bali Barat juga cukup banyak bahkan diketahui terdapat 176 tanaman yang hidup di taman ini. 

3. Pura Palaki

Keunikan lainnya yang terdapat di TNBB ini ialah adanya pura Palaki yang dibangun guna menghormati Bahtiri Melanting. Pura ini terletak pada jalan raya penghubung Singaraja dengan Gilimanuk.

Pura Palaki ini dibangun pada pinggir tebing bukit batu karang sehingga bisa langsung menghadap pada laut dengan hamparan pasir putih yang indah.

4. Ekosistem Terumbu Karang yang Mengagumkan

Buat Anda yang sangat menyukai snorkeling, maka TNBB ini bisa menjadi alternative untuk Anda yang hendak liburan bersama keluarga. Di taman nasional ini, Anda bisa menjelajahi kawasan Teluk Terima bahkan melihat ekosistem terumbu karang yang indah dan mengagumkan.

Pada ekosistem laut ini terdapat 45 jenis karang, 32 jenis ikan, dan 9 jenis molusca atau hewan dengan tubuh lunak yang menjadikan ekosistem laut ini semakin lengkap.

5. Sumber Air Panas

TNBB memang menjadi objek tempat wisata yang cukup lengkap dimana pada kawasan ini selain view yang indah ternyata juga terdapat pemandian air hangat. Adapun sumber air panas ini terletak pada kawasan hutan mangrove yakni di Banyuwedang.

Nah, untuk itulah setelah Anda lelah mengelilingi kawasan taman maka Anda bisa berendam air hangat. Untuk bersantai dan mengistirahatkan tubuh sejenak. Pemandian air hangat ini juga mengandung belerang dimana bisa melancarkan peredaran darah sekaligus menyembuhkan penyakit kulit.

Itulah beberapa dayar tarik dari TN Bali Barat. Yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang hendak berlibur ke Pulau Bali. Bagaimana?

Rekomendasi yang menarik bukan? Yuk jangan sampai melewatkan berlibur ke TNBB ya jika berkunjung ke Bali bersama Putribalirental!