Putri Bali Rental

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot, Destinasi Unggulan Bali

Bali menjadi salah satu pusat destinasi liburan yang paling banyak digemari. Baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat yang termasuk ke dalam destinasi unggulan Pulau Bali adalah Pura Tanah Lot.

Pura ini memiliki banyak keindahan yang menarik. Mulai dari lokasinya yang instagramable, hingga nuansa adat budaya masyarakat yang masih kental. Bagi kalian yang hendak berkunjung ke pura ini, berikut beberapa informasi menarik yang perlu diketahui.

Seputar Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot adalah jajaran pura yang paling disucikan oleh masyarakat Bali. Masyarakat Bali mayoritas menganut agama Hindu dimana tempat peribadatannya berupa Pura. Selain itu, masyarakat juga melakukan pemujaan dewa laut di pura ini.

Bila berkunjung ke pulau ini, wisatawan akan dikejutkan dengan pemandangan surga yang menarik. Terlebih lagi saat senja. Sejarah nama Tanah Lot bermakna daratan atau pulau yang berada di laut. Uniknya, tanah lot akan terlihat mengambang ketika air laut pasang.

Lokasi Pura Tanah Lot

Kalian yang bingung lokasi pura tanah lot dimana? Tidak perlu khawatir. Karena lokasinya memiliki petunjuk yang mudah ditemukan. Selain itu, banyak pemandu wisata yang akan memberikan arahan.

Pura Bali ini terletak di Desa Beraban Kabupaten Tabanan. Apabila dari arah Denpasar, kalian bisa langsung mengikuti arah berdasarkan papan petunjuk yang ada di jalan. Hingga nantinya kalian sampai di gerbang Tanah Lot kemudian bisa langsung menuju Pura Tanah Lot.

Keunikan Pura Tanah Lot

Tentunya pura ini memiliki daya tarik yang menawan sehingga mampu memancing para wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya untuk berfoto, lalu apa saja keunikan di tanah lot? Berikut penjelasannya.

1. Tanah Lot memiliki 7 Pura 

Setiap pura di tanah lot ini memiliki manifestasi yang berbeda. Keunikan ini menjadikan masyarakat akan berkunjung ke pura yang berbeda-beda sesuai dengan harapan dan doa yang mereka inginkan. Lalu ada berapa pura di tanah lot? Berikut penjelasannya.

  • Pura Penataran memiliki manifestasi dewa kebahagiaan dan kesehatan
  • Pura Penyawang memiliki manifestasi dewa penguasa lautan
  • Pura Pakendung  memiliki manifestasi kekuatan
  • Pura Njung Galuh memiliki manifestasi kemakmuran, kekuatan dan perlindungan
  • Pura karang bolong memiliki manifestasi kesucian
  • Pura Batu Mejan memiliki manifestasi dewa belas kasihan
  • Pura Jero Kandang digunakan masyarakat untuk meminta kesembuhan dan kesehatan

2. Keindahan Ombak Yeh Kutikan

Bagi penikmat ombak, tentunya lokasi ini sangat menarik. Yeh Kutikan sangat disarankan bagi kalian yang ingin memancing sembari menikmati pemandangan ombak tanah lot. Keadaan alam di sekitar lokasi ini bisa dibilang sangat menenangkan.

3. Keindahan Sunset Teras

Jika kalian ingin menikmati keindahan matahari terbenam, maka lokasi ini menjadi pilihan yang tepat. Sunset Teras sendiri menyediakan fasilitas khusus untuk menikmati keindahan matahari menjelang senja. Kalian juga bisa bersantai sambil menikmati santapan dan hidangan lezat.

4. Mata Air Tirtha Pangelukatan

Pada saat air laut surut, kalian akan menemukan sebuah mata air yang dipercaya mampu menangkal dan mensucikan segala hal buruk. Mata air ini dapat diminum maupun untuk mencuci muka. Rasa dari air ini sangat menyegarkan dan mampu menghilangkan dahaga.

Tempat Wisata di Bali memang selalu menjadi juara bagi para wisatawan. Bukan hanya memiliki banyak pantai yang unik, pura di Bali ternyata memiliki keindahan lebih dari sekedar tempat beribadah saja. Berjuta keindahan Pura Tanah Lot rasanya sayang untuk dilewatkan.

Mulai dari banyaknya pura dengan manifestasi berbeda hingga keindahan alam yang memiliki nuansa surgawi jika dilihat dari tanah lot.