Putri Bali Rental

pura silayukti

Review Pura Silayukti yang Terkenal di Bali

Pura Silayukti yang ada di Bali berkaitan erat dengan Mpu Kuturan yang memiliki keahlian khusus dalam membangun pura. Selain Silayukti, ada banyak pura yang pernah dibangun oleh Mpu Kuturan seperti Pura Besakih.

Silayukti dikenal sebagai pura yang menjadi tempat semedi sekaligus moksha bagi Mpu Kuturan. Mpu Kuturan bukan seorang nama tokoh melainkan nama jabatan. Adapun sosok Mpu Kuturan yang masyhur di Bali salah satunya adalah Mpu Rajakertha.

Alamat Lokasi

Alamat lokasi dari tempat wisata adalah di Jalan Silayukti Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Walaupun ini adalah tempat ibadah masyarakat Hindu, namun tidak jarang wisatawan datang berkunjung ke sana.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang super cantik dan dapat memberikan sensasi berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya. Pesona tersebut yang menjadi daya tarik sehingga wisatawan penasaran dan datang berkunjung.

Sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin libur ke tempat indah baik ketika libur nasional atau akhir pekan.

Kompleks Area Pura

Setelah mengetahui letak Pura Silayukti, sebelum pergi berkunjung Anda perlu mengetahui kompleks area yang ada di pura. Setidaknya di Pura Luhur Silayukti terdapat 3 buah pura sebagai berikut.

1.Pura Silayukti

Posisi pura ini diapit oleh dua pura lainnya dan terbagi lagi menjadi 3 area halaman ada jeroan (halaman dalam), jaba tengah (halaman tengah), dan jaba pura (halaman luar). Jaba tengah memiliki tembok penyengker dengan dua buah pintu gerbang yang bentuknya seperti candi bentar.

Kedua pintu tersebut dihadapkan ke arah barat dan selatan. Selain itu, di bagian pura ini terdapat pelinggih dan pelinggih yang paling tinggi adalah pelinggih Bhatara Mpu Kuturan.

2. Pura Telaga Mas

Bagian lainnya dari Pura Silayukti adalah Pura Telaga Mas yang memiliki desain lebih sederhana daripada pura sebelumnya. Pura Telaga Mas hanya berupa bangunan altar dan lokasinya berada di bagian utara sekitar 20 meter.

Lokasi berdirinya Pura Telaga Mas disebut sebagai tempat pemandian Mpu Kuturan yang membangun pura ini.

3. Pura Tanjung Sari

Pura Tanjung Sari jaraknya 100 meter dari Silayukti yang menghadap ke arah barat. Pura ini adalah pura khusus untuk tempat pemujaan Mpu Bharada yang merupakan adik dari Mpu Kuturan.

Pada zaman dulu, Mpu Bharada pernah melakukan perjalanan ke pura ini dan lokasi pura ini adalah tempat istirahat Mpu Bharada setelah perjalanan.

Daya Tarik Lokasi

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa Silayukti adalah pura yang memiliki keindahan memesona yang menarik perhatian wisatawan. Selain menyuguhkan pemandangan laut, wisata ini juga memiliki suasana yang tenang dan asri.

Kata Silayukti berasal dari dua kata yaitu sila yang berarti dasar dan yukti yang berarti benar. Dua kata tersebut apabila digabungkan menjadi dasar dari sebuah kebenaran. 

Sehingga bagi masyarakat yang sembahyang di pura ini adalah masyarakat yang benar-benar memegang teguh kebenaran.

Adapun Pujawali atau piodalan yang dilakukan di pura ini adalah 6 bulan sekali atau setiap 210 hari. Apabila Anda ingin berkunjung ke lokasi maka bisa memanfaatkan parkiran dermaga Padang Bai yang luas.

Pura ini berkaitan erat dengan Mpu Kuturan di Bali yang merupakan tokoh spiritual Hindu di abad ke-11. Mpu Kuturan sangat berjasa dan mementingkan banyak orang serta memiliki keyakinan penuh terhadap hukum karma.

Fasilitas Pura

Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk wisatawan mulai dari area parkir kendaraan, tempat ibadah umat Hindu, kamar mandi atau MCK, tempat istirahat, warung makan, dan sebagainya.

Artikel Pura Silayukti di atas bisa memberikan gambaran mengenai Pura Silayukti dan sekitarnya. Anda bisa berkunjung ke lokasi apabila ingin mengetahui kegiatan masyarakat setempat.