Putri Bali Rental

Pura Luhur Rambut Siwi

Pura Luhur Rambut Siwi Situs Religi di Bali

Bali merupakan salah satu pulau yang dikenal memiliki keindahan alam dan situs religi. Salah satu dari situs religi yang sangat unik di Bali, yakni Pura Luhur Rambut Siwi. Tempat suci tersebut sangat mencerminkan kekayaan budaya spiritual yang sangat khas. 

Pura tersebut memiliki sejarah singkat Pura Rambut Siwi juga menjadi daya tariknya. Pura Luhur ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan destinasi wisata di Kabupaten Jembrana. Penasaran bagaimana sejarah dan di mana letak pura ini? Yuk simak di bawah ini!

Sejarah Pura Luhur Rambut Siwi 

Di balik pura tersebut, terdapat sejarah yang melibatkan budaya-budaya di Bali. Walau tidak ada catatan yang pasti mengenai sejarah tersebut. Namun, cerita tentang pura ini sudah ada dan diceritakan secara turun-temurun. 

Menurut cerita legenda dari cerita rakyat Bali, pada abad ke-15 M ada seseorang Brahmana Suci. Brahmana suci tersebut bernama Danghyang Dwijendra atau masyarakat mengenal Danghyang Nirartha. Brahmana tersebut melakukan perjalanan spiritual di Bali.

Dalam agama Hindu, Danghyang Nirartha merupakan salah satu tokoh suci yang telah melakukan perjalanan spiritual di Bali. Danghyang Nirartha juga meninggalkan warisan spiritual di Bali. Di Bali diyakini ditemukan sehelai rambut Dewi Durga jatuh ke laut.

Diyakini pada cerita tersebut, ditemukannya rambut suci Dewi Durga berada di pantai barat Bali. Kemudian, hal ini diyakini sebagai tanda hadirnya serta berkat dari Dewi Durga. Karena hal tersebut, Danghyang Nirartha memutuskan mendirikan pura untuk dewa yang dipuja.

Pura tersebut didirikan untuk menghormati Dewi Durga serta sebagai tempat penyimpanan rambut suci tersebut. Pura tersebut dibangun tepat di tempat ditemukannya rambut suci tersebut. Awalnya sederhana kemudian diperluas dengan memberi keunikan arsitektur Bali. 

Lokasi Pura Luhur Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi terletak di Bali, tepatnya ada di Desa Yeh Embang daerah pesisir pantai barat Daya Bali. Pura tersebut masih terletak di kabupaten Jembrana Bali dan dekat dengan Denpasar. Dari Denpasar hanya sekitar 90 kilometer arah barat Denpasar.

Untuk menuju Pura Rambut Siwi ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil di Bali. Selain itu, pura ini dapat dikunjungi dengan menaiki transportasi umum juga. Tentunya akan lebih murah bila menaiki kendaraan pribadi.

Pura Rambut Siwi memiliki 8 pura yang mana letak pura ini berada di pesisir pantai. 

Rute Menuju Pura Rambut Siwi

Seperti yang telah diketahui bahwa Pura Luhur Rambut Siwi ini berada di Desa Yeh Embang dan dekat dengan Denpasar. Untuk itu, pura tersebut bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Ada rute yang bisa dipilih untuk menuju pura.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka pilih rute mengikuti jalan raya menuju Gilimanuk. Rute ini adalah rute termudah karena pura tersebut letaknya 10 kilometer sebelum pelabuhan Gilimanuk. Sebelum berkunjung harus melihat waktu kunjungan dahulu.

Walau memang pura ini dapat dikunjungi dalam sepanjang tahun, tapi perlu pahami juga waktu kunjungnya. Waktu paling baik untuk berkunjung saat selama musim kemarau, yakni pada bulan April sampai Oktober. Dan, perhatikan hari libur keagamaan.

Memperhatikan waktu dan hari libur keagamaan salah satu bentuk menghargai budaya Pura Rambut Siwi. Karena sebagai pendatang tidak mungkin langsung bertindak sembarangan.

PENUTUP

Pura Luhur Rambut Siwi merupakan salah satu situs religi yang berada di Kabupaten Jembrana. Pura tersebut bukan hanya sebagai situs religi, tapi juga destinasi wisata yang memiliki keindahan alamnya. Sebelum datang, perhatikan waktu dan hari libur keagamaan.