Putri Bali Rental

pura batukaru

Pura Batukaru Bali: Lokasi, HTM, Fasilitas, dan Aktivitas

Pura Batukaru adalah pura yang letaknya berada di lereng Gunung Batukaru, Bali. Pura Luhur Batukaru merupakan salah satu pura tempat pemujaan seluruh umat Hindu yang kini juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Destinasi wisata pura ini berada di ketinggian sekitar 833 Mdpl dan dikelilingi oleh hutan lebat. Tentu saja menjadikan suasana asri dan sejuk saat berada di kawasan ini. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pura Luhur Batukaru ini, yuk simak informasi seputar pura di bawah ini!

Aktivitas di Pura Batukaru

Wisata Pura yang satu ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara di setiap harinya. Berbagai daya tarik Pura Luhur ini mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi di dataran tinggi Tabanan, Bali ini. 

Selain sebagai wisata religi, di kawasan pura ini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas. Adapun aktivitas yang dapat dilakukan di Pura Luhur ini antara lain sebagai berikut:

1. Menjelajahi Arsitektur Pura

Pura ini diperkirakan telah berdiri pada abad ke-11 oleh Mpu Kuturan dengan bangunannya juga merupakan sebuah Pura Padma Bhuwana. Pura Padma Bhuwana yaitu salah satu dari sembilan pura yang ada di sembilan Pulau Bali.

Untuk struktur dan layout bangunan Pura Luhur ini memiliki arsitektur khas Bali. Posisi pura yang menghadap ke arah Tenggara ini memiliki luas bangunan sekitar 2600 m2. Di sana para wisatawan bisa menjelajahi arsitektur pura yang tentunya kental dengan sejarah.

2. Menikmati Panorama Alam

Seperti yang sudah diketahui bahwa Pura Batukaru ini berada di Dataran Tinggi dengan ketinggian sekitar 833 Mdpl, tepatnya di lereng Gunung yang namanya juga sama. Letaknya yang berada di ketinggian dan di lereng gunung tersebut menjadikan kawasan pura memiliki udara yang sejuk dan segar.

Tidak jarang pula Pura ini juga diselimuti oleh kabut khas pegunungan. Selain itu, di area puranya dikelilingi oleh hutan lindung pada keempat arah mata angin. Saat berada di sana, para wisatawan akan mendapati lingkungan sekitar pura yang berhawa sejuk dan segar ala pegunungan.

Kesejukan udara yang dihadirkan di pura ini menjadikannya cocok sebagai tempat healing dan relaksasi pikiran yang menyegarkan. Apalagi pura ini juga menyajikan pesona alam yang tampak indah.

Pemandangan alamnya yang hijau tentu menyuguhkan suasana alam yang asri dan masih sangat alami. 

3. Wisata Religi

Pura Luhur ini pada dasarnya adalah sebuah tempat suci yang digunakan untuk sembahyang bagi para umat Hindu. Bagi wisatawan Hindu yang ingin wisata ke sini diharuskan memakai baju adat Hindu Bali dan mematuhi aturan dan larangan yang berlaku.

Sebagai salah satu wisata religi di Bali, Pura Luhur ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dengan tujuan beribadah.

Lokasi Pura Luhur Batukaru

Lokasi Pura Luhur Batukaru berada di bagian barat Pulau Bali. Lokasi tepatnya di Jl. Penatahan – Wongaya Gede, Wongaya Gede, Penebel, Kab. Tabanan, Bali. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Ketika berwisata di Pura ini para pengunjungnya akan dikenakan biaya tiket masuk Pura Luhur Batukaru sebesar Rp 15.000/orang. Untuk jam operasionalnya buka setiap hari dan 24 jam.

Fasilitas 

Pihak pengelola objek wisata Bali Pura Batukaru ini menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawannya. Adapun fasilitas yang disediakan untuk umum, seperti toilet, area parkir luas, tempat istirahat, toko cinderamata, rumah makan, dan penginapan sekitar Pura Batukaru jika Anda ingin bermalam di sana.