Putri Bali Rental

pura andakasa

Pura Andakasa: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket 

Sudah menjadi rahasia umum jika Pulau Bali, khususnya Kabupaten Karangasem, mempunyai banyak pura karena mayoritas masyarakatnya yang beragama Hindu. Di samping Pura Silayukti yang terkenal di antara turis, ada juga Pura Andakasa yang tak kalah menarik.

Sama seperti namanya, tempat ibadah masyarakat umat Hindu ini terletak di puncak Gunung Andakasa. Berdasarkan letak geografisnya, gunung ini berada di daerah Antiga, Angantelu, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Pulau Bali. 

Daya Tarik Pura

Pada dasarnya, hampir semua pura besar yang ada di Bali memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya unik jika dibandingkan dengan pura yang lain. Hal ini juga berlaku untuk pura di Gunung Andakasa ini, yang mempunyai daya tarik sebagai berikut!

1. Sudah Berdiri Sejak Abad ke-11

Sesuai dengan apa yang tertulis di dalam lontar yang ada di sekitar pura, ketika membicarakan sejarah Pura Andakasa Anda perlu kembali ke abad ke-11. Hal ini karena pada abad tersebut lah tempat ibadah ini berdiri, sebelum diperbaiki pada abad ke-17.

Orang yang mendirikan pura di puncak  gunung tersebut adalah Mpu Kuturan pada masa pemerintahan Udayana Warmadewa. Selain mendirikan pura, dia adalah tokoh penting bagi masyarakat Bali karena ikut berkontribusi menyusun tatanan hidup di Pulau Dewata.

Jejak sejarah pura ini bahkan tidak cukup sampai di situ, sebab ada pemuka agama Hindu bernama Sang Kulputih yang juga sempat bertapa di pura ini. Tidak heran jika ada banyak umat Hindu, khususnya yang tinggal di Indonesia, yang ingin bertandang ke sini.

2. Kedudukan Pura yang Penting bagi Masyarakat Hindu

Tidak hanya dari segi sejarah, dari segi spiritual pura ini juga sangat menarik, khususnya bagi umat Hindu. Hal ini karena pura ini termasuk salah satu Kahyangan Jagat, yang menjadi stana dari Hyang Tugu atau Dewa Brahma yang memiliki kuasa di kawasan selatan.

Selain itu, pura ini juga termasuk satu di antara sekian Sad Kahyangan di Pulau Bali. Artinya, pura ini menjadi sungsungan bagi seluruh umat Hindu, khususnya di Bali dan umumnya di Indonesia. Pendirian pura ini berdasarkan Catur Loka Pala dan Sad Winayaka.

3. Keunikan Arsitektur dan Keindahan Alam

Apabila Anda bukan pemeluk agama Hindu, pura ini akan tetap menarik untuk Anda. Sebab, Pura Andakasa memiliki arsitektur unik dan pemandangan alam indah, mengingat lokasinya yang berada di ketinggian dan berada tepat di atas puncak gunung.

Jadi, Anda bisa healing, menikmati udara segar, sambil memburu foto menarik yang hanya bisa Anda temukan di pura ini. Hanya saja, pastikan Anda tetap menaati semua peraturan yang ada dan berlaku di pura, terutama ketika ada orang yang sedang beribadah.

Fasilitas di Pura

Meskipun berada di puncak gunung, namun membawa mobil dan motor ke pura masih sangat memungkinkan, bahkan ada tempat parkir yang disediakan. Selain itu, sudah ada toilet yang bersih dan air yang cukup di sekitar pura sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk ke Pura

Secara garis besar, Anda bisa masuk ke pura ini tanpa membayar sama sekali karena kebanyakan orang yang datang ke sini memiliki niat untuk beribadah. Hanya saja, jangan lupa untuk membawa uang kecil untuk jaga-jaga jika Anda harus bayar parkir.

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk berkunjung ke Pura Andakasa? Entah itu untuk healing, melakukan wisata sejarah, atau melakukan wisata religi.