Putri Bali Rental

Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan Bali: Daya Tarik, Lokasi, HTM, dan Berbagai Aktivitas Seru

Pulau Menjangan Bali adalah sebelah pulau kecil yang berada di sebelah barat Pulau Bali. Sesuai dengan namanya, pada pulau ini dihuni oleh menjangan atau jenis rusa liar yang akan Anda temukan saat mengunjungi pulau ini. 

Pulau Menjangan ini merupakan salah satu bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat. Kini, pulau ini dijadikan sebagai tempat wisata populer di Bali yang banyak didatangi oleh para turis mancanegara.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Pada dasarnya, daya tarik Pulau Menjangan yang paling utama adalah memiliki keindahan bawah laut yang masih tersembunyi. Hal ini menjadikan para pengunjung bisa melakukan aktivitas diving saat berada di pulau ini.

Air lautnya yang berwarna biru dengan gradasi hijau mampu menyihir mata para pengunjung untuk betah berlama-lama menikmati pemandangan alam tersebut. Apalagi jika melihat di dasar lautnya yang menyimpan terumbu karang alami dan berbagai jenis ikan warna-warni.

Tak hanya itu, pulau ini juga dihuni oleh satwa-satwa unik, seperti kijang, rusa, burung jalak, dan satwa lainnya. Apalagi, di sana Anda juga akan melihat beberapa bangunan pura.

Lokasi dan Jam Operasional Pulau Menjangan

Lokasi Pulau Menjangan berada di  Desa Sumber Klampok, Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali. Untuk menuju ke pulau ini, Anda bisa memilih rute perjalanan. 

Jika Anda dari Denpasar, maka bisa menuju ke pelabuhan Gilimanuk dilanjutkan menuju ke pelabuhan Lalang. Dari pelabuhan lalang tersebut Anda bisa menyewa perahu motor agar bisa sampai ke Pulau Menjangan Bali.

Untuk jarak tempuh dari kota Denpasar ke pulau ini kurang lebih memakan waktu sekitar 20 – 30 menit. Anda tidak perlu mengejar waktu untuk pergi ke pulau ini, sebab tempatnya buka 24 jam.

Harga Tiket Pulau Menjangan

Untuk memasuki area pulau ini, para pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Selain itu, terdapat biaya lain jika Anda ingin menggunakan fasilitas yang disediakan di sana. Melansir dari beberapa sumber, harga tiket Pulau Menjangan antara lain sebagai berikut:

  • Tiket Masuk WNI : Rp 15.000/orang.
  • Tiket Masuk WNA : Rp 200.000/orang.
  • Sewa Alat Snorkling : Rp 40.000
  • Sewa Pelampung : Rp 25.000
  • Sewa Perahu : Rp 550.000/perahu
  • Jasa Pemandu : Rp 250.000

Aktivitas Seru di Pulau Menjangan

Tidak hanya menikmati keindahan alam dengan hamparan pulau biru yang memukau, di Pulau Menjangan Anda bisa melakukan beberapa aktivitas. Adapun aktivitas di Pulau Menjangan adalah sebagai berikut:

1. Snorkeling dan Scuba Diving

Keindahan bawah laut memang menjadi daya tarik tersendiri di pulau ini. Hal inilah yang menjadikan aktivitas snorkeling dan scuba diving tidak boleh dilewatkan saat berada di sini. 

Menyelam sambil menikmati keindahan pemandangan bawah laut memang menjadi pengalaman yang luar biasa. Banyaknya terumbu karang alami dan berbagai jenis ikan kecil sangat disayangkan jika tidak dinikmati keindahannya.

Jika Anda mengunjungi destinasi wisata ini, jangan lewatkan kesempatan menjelajahi dunia bawah laut yang indah di Pulau Menjangan.

2. Naik Kuda

Di Pulau Menjangan, terdapat resort yang menyediakan sewa untuk aktivitas menunggang kuda. Saat Anda naik kuda, nantinya akan ditemani oleh pemandu dan diajak untuk berkeliling di sekitar Pulau Menjangan. Disarankan, waktu terbaik untuk menaiki kuda ini adalah pagi atau sore hari. 

3. Kayaking Pulau Menjangan

Selain naik kuda, resort di Pulau Menjangan ini juga menyediakan aktivitas kayaking yang harus Anda coba. Aktivitas ini sangat cocok untuk dilakukan oleh dua orang untuk melintasi hutan bakau dan area lain di Pulau Menjangan Bali dengan menggunakan perahu.