Putri Bali Rental

Pantai Soka

Pesona Pantai Soka Objek Wisata Tabanan Bali

Bali terkenal akan pesona pesisirnya yang sangat indah dan menawan. Banyak para wisatawan hanya berkunjung di pantai yang populer saja. Padahal masih banyak pantai Balian yang tidak kalah indah, seperti Pantai Soka. 

Walau memang kalah populer dengan pantai Sanur ataupun Kuta, tapi panorama alamnya sungguh indah. Objek wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang suka sesuatu hal baru. Penasaran bagaimana indahnya panorama di sana? Yuk simak!

Lokasi Wisata Bahari Soka

Wisata bahari ini berada di Kabupaten Tabanan tepatnya di Desa Antap. Lokasi Pantai Soka sangat dekat dengan jalan utama Bali dan Denpasar, jika dari Denpasar hanya sekitar 40 km. Jadi, letak objek wisata ini sangatlah strategis karena ada di pinggir jalan raya utama.

Wisata bahari ini berada di Jalan Denpasar, Gilimanuk. Anda bisa berkunjung kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bisa juga menggunakan rental mobil Bali sambil mengunjungi tempat menarik lainnya di Bali. 

Sejarah Wisata Bahari Soka

Ada banyak daya tarik dari wisata bahari satu ini, salah satunya adalah sejarah Pantai Soka. Beberapa mitos dan misteri Pantai Soka masih terdengar sampai saat ini. Mitosnya ada batu karang yang bentuknya seperti periuk, sekelilingnya ada pasir dan air laut.

Oleh warga, batu tersebut dinamakan “Payuk Kebo Iwa,” sebelahnya lagi ada batu karang bentuknya mirip dapur. Nama Kebo Iwa merupakan tokoh legendaris masyarakat Bali. Konon katanya, tokoh tersebut pernah menggunakan pantai tersebut untuk memasak. 

Itulah mengapa sampai saat ini masih terdapat batu karang yang mirip periuk dan juga dapur. Masyarakat Bali mempercayai akan cerita tersebut, karena juga didukung dengan adanya batu karang tersebut.

Daya Tarik Wisata Bahari Soka

Wisata bahari Soka merupakan alternatif wisata yang cocok dijadikan tempat melepas penat. Selain mitos dan panorama yang tidak kalah indah, ada beberapa daya tarik yang menjadi acuan Anda untuk berkunjung. Penasaran? Simak beberapa daya tariknya!

1. Pesona Panorama Alam yang Asri

Membahas mengenai panorama alamnya, pantai yang ada di Tabanan ini tidak usah diragukan. Panorama alamnya yang sangat mempesona dan suasananya yang masih sangat asri. Karena pantai ini belum terlalu ramai pengunjung jadi keasriannya masih terjaga.

Pantai ini cocok bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan dan melepaskan penat dari rutinitas di kota. Pemandangan di barat pantai, ada gugusan bukit yang saling menyambung dengan gunung Batukaru. Sebelah timurnya ada pemandangan gunung tertinggi di Bali.

2. Mitos Dari Legenda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa di pantai tersebut ada mitos dari legenda masyarakat Bali. Masyarakat mempercayai bahwa batu karang yang ada di pantai tersebut dulunya adalah periuk dan dapur. 

Masyarakat banyak menyebutnya dengan Payuk Kebo Iwa, yang mana Kebo Iwa merupakan tokoh legenda Bali. Tokoh tersebut dipercayai mempunyai kesaktian, dan dulunya pernah singgah di pantai tersebut.

3. Keindahan Sunset

Siapa yang tidak senang melihat keindahan mega merah saat sunset tiba di pantai? Soka Beach merupakan pilihan bagus untuk melihat sunset. Keindahan laut lepas yang luas dipadu dengan langit jingga, membuat suasana syahdu dan tenang. 

PENUTUP 

Pantai Soka salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin menikmati panorama indah lautan di Bali. Walau memang tidak sepopuler pantai lain, tapi keindahan alamnya tidak kalah dengan pantai lain. Lokasi strategis dan bisa dijangkau dengan jasa rental mobil Bali.