Putri Bali Rental

makanan khas Bali

Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Jika berkunjung ke Bali tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Bali. Ada beraneka macam makanan khas Bali yang wajib Anda coba jika mengunjungi pulau dewata ini. Makanan tersebut mulai dari yang dimasak dengan rempah-rempah hingga kue khas Bali.

Rekomendasi Makanan Khas Bali

Sebagai salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia, Bali memiliki makanan khas yang jarang ditemui di daerah lain. Bahkan berbagai daerah di Bali memiliki makanan dengan rasa yang berbeda. Ini dia rekomendasi makanan khas Bali yang wajib Anda coba:

1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali ini tentunya sudah tidak asing lagi. Saat berkunjung ke Bali, Anda pasti akan melihat menu ini hampir di semua tempat makan. Makanan ini terbuat dari bumbu betutu, yaitu campuran bumbu khas Bali. 

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, dan lainnya. Semua bumbu tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam rongga di dalam tubuh ayam sebelum dimasak. 

Tujuannya adalah agar bumbu meresap dengan sempurna di dalam olahan ayam tersebut. Sengan demikian akan menghasilkan cita rasa yang lezat. Cara memasak ayam betutu Bali ini bisa direbus (betutu basah) atau dipanggang (betutu kering).

2. Sate Lilit

Jika di Jakarta dan sekitarnya terkenal dengan satu taichan, maka bali juga memiliki makanan khas berupa satu, yaitu sate lilit Bali. Makanan khas ini terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling. 

Setelah itu, daging dicampur dengan kelapa parut, kemudian dililit pada batang bambu atau batang sereh yang tebal. Sate lilit bali ini semakin nikmat disantap bersama dengan nasi campur Bali. Namun, banyak juga yang menjualnya secara terpisah yang didampingi saus sambal.

3. Nasi Campur Bali

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi nasi campur Bali jika berkunjung ke pulau Dewata. Hidangan ini terdiri dari nasi putih hangat yang dilengkapi dengan sate lilit, suwir ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam.

Selain itu, yang tidak boleh ketinggalan dari nasi campur ini adalah sambah matah dan sambal embe khas Bali. 

4. Serombotan 

Bagi Anda yang menyukai sayur-sayuran, Anda tidak boleh melewatkan kuliner khas Bali yang satu ini, yaitu serombotan. Hidangan ini terdiri dari campuran kacang panjang, baya, kangkung, buncis, terong bulat, taude, dan pare. 

Semu asayuran tersebut kemudian disatukan dengan bumbu bernama Kalas. Bumbu tersebut semacam santan berisi campuran kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, serta kencur. Selain itu, Kalas dicampur lagi dengan bumbu kacang dan pedas.

5. Lawar

Selain serombotan, makanan asli dari Bali yang terbuat dari sayur-sayuran adalah lawar. Kuliner ini terbuat dari campuran kacang panjang, nangka dan parutan kelapa yang dicampur dengan bumbu asli Bali.

Ada berbagai macam lawar yang ditawarkan, yaitu lawar kewar (berisi daging entog), lawar ayam, dan lawar babi. Selain itu, ada juga lawar yang dibedakan berdasarkan warnanya, yaitu lawar merah dan putih.

Hidangan ini akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama nasi putih, sate lilit dan jukut ares.

6. Rujak Buleleng Bali

Rujak buleleng terdiri dari berbagai buah-buahan yang dipotong-potong dan disiram bumbu rujak di bagian atasnya. Namun, rujak buleleng memiliki pernedaan pada sambalnya. 

Bahan untuk membuat rujak buleleng ini adalah gula aren buleleng, cuka, terasi, garam, cabai rawit, dan yang membuat berbeda adalah adanya pisang batu. Pemberian pisang tersebut untuk memberikan rasa sepat setelah semua bumbu disatukan.

7. Nasi Jinggo 

Makanan ini menyerupai nasi kucing, namun rasanya lebih gurih dan sedikit pedas. Biasanya nasi jinggo disajikan bersama daging, mie, sambal goreng tempe dan sambal. Tidak jarang juga ditambahkan sate lilit. Dengan porsinya yang kecil, nasi jingo dijual dengan harga terjangkau.

Demikian rekomendasi makanan khas Bali. Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi makanan khas pulau dewata ini yang wajib Anda coba.