Putri Bali Rental

Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran Bali : Destinasi Wisata Memukau

Anda ingin berlibur di perdesaaan yang ada di Bali? Sudahkah Anda dengar Desa Penglipuran Bali? Jika belum, desa tersebut menjadi tempat destinasi yang cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan suasana perdesaan.

Tak hanya terkenal dengan pantainya, Bali juga memiliki destinasi tempat wisata lain berupa perdesaan. Salah satunya Desa Penglipuran yang bisa Anda kunjungi. Jadi, Anda bisa menikmati liburan sambil melihat pemandangan yang memukau dari Desa Penglipuran.

Anda sudah tidak sabar ingin berkunjung ke Desa Penglipuran Bali? Jika iya, sebelum berkunjung, sebaiknya Anda ketahui mengenai beberapa Desa Penglipuran Bali yang ada di bawah ini.

Daya Tarik Desa Penglipuran

Pasti Anda pengin tahu apa daya tarik Desa Penglipuran? Kenapa bisa desa ini ditetapkan sebagai destinasi wisata?

Daripada semakin penasaran, simak pembahasan yang bisa Anda lakukan berikut ini mengenai daya tarik Desa Penglipuran, di antaranya:

1. Dinobatkan Jadi Desa Terbersih di Dunia

Sudah tahu bahwa ada tiga desa yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia? Salah satu desa tersebut adalah Desa Penglipuran Bali. 

Dengan dinobatkannya sebagai desa terbersih di dunia, Desa Penglipuran pun menyabet beberapa penghargaan lainnya, seperti Kalpataru, Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA), dan masuk ke Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation.

Saat Anda ingin berkeliling desa, Anda dilarang untuk menggunakan kendaraan bermotor. Jadi, Anda diperbolehkan berjalan kaki sambil menikmati suasana perdesaan yang asri dan sejuk, serta tentu saja bebas dari polusi.

2. Hutan Bambu yang Jadi Pelindung Desa

Ada hutan bambu di Desa Penglipuran yang luasnya mencapai 45 hektare atau sekitar 40 persen dari luas seluruh desa. Hutan bambu ini dijaga dan dilestarikan hingga saat ini sebagai bentuk pelestarian warisan terhadap leluhur dan sebagai wujud dalam menjaga keseimbangan alam.

3. Penglipuran Village Festival

Saat Anda berkunjung ke Desa Penglipuran di akhir tahun, Anda akan melihat Penglipuran Village Festival. Festival budaya ini juga memiliki rangkaian kegiatan yang beragam, seperti parade pakaian adat Bali, parade seni budaya, Barong Ngelawang, dan lainnya.

Alamat Desa Penglipuran

Anda ingin berkunjung ke Desa Penglipuran? Namun, sudahkah Anda tahu alamat Desa Penglipuran? Jika belum, simak berikut ini mengenai alamat Desa Penglipuran.

Alamat Desa Penglipuran berada di Jl. Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Desa Penglipuran berada di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 600-700 mdpl. Tak heran, udara di desa ini pun dingin dan sejuk.

Rute Desa Penglipuran

Anda ingin berkunjung ke Desa Penglipuran? Namun, masih belum tahu rute yang cocok untuk pergi ke sana? Simak ulasan berikut ini mengenai rute Desa Penglipuran yang bisa Anda pilih.

  • Dari Bandara Ngurah Rai, Anda harus menempuh jarak sekitar 56 km atau dengan waktu sekitar 1 jam 40 menit.
  • Melalui Denpasar, Anda harus menempuh jarak sekitar 43,7 km atau dengan waktu sekitar 1 jam 22 menit.

Dari Denpasar, arahkan kendaraan Anda ke Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, lalu ke arah Jl. Nusantara, kemudian ke arah Jl. Ahmad Yani Utara.

Setelah itu, ke arah Gianyar hingga ke arah Bangli. Sampai di ujung jalan, belok kiri ke Jl. Penglipuran.

Tiket Masuk Desa Penglipuran

Untuk berkunjung ke desa ini, Anda akan dikenakan tiket masuk Desa Penglipuran sebesar Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp10 ribu untuk anak-anak.

Itulah pembahasan Putribalirental mengenai Desa Penglipuran Bali yang bisa Anda ketahui. Jadi, Anda tak perlu bingung dan ragu lagi saat ingin berkunjung ke Desa Penglipuran.