Putri Bali Rental

Bunut Bolong

Bunut Bolong Jembrana, Objek Wisata di Bali yang Kental dengan Sejarah

Bunut Bolong adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Bali, khususnya di Daerah Jembrana. Nama objek wisata tersebut diambil dari pohon berusia ratusan tahun yang disakralkan. Sesuai namanya, kondisi pohon tersebut bolong atau berlubang di bagian tengahnya.

Tempat wisata yang satu ini identik dengan mitos dan kental dengan sejarah hingga saat ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara.

Sejarah Bunut Bolong

Berdasarkan penuturan sesepuh setempat, pohon sakral ini telah ditemukan pada tahun 1942 di masa pendudukan Jepang. Waktu itu, terowongan yang ada di dalam pohon tersebut difungsikan sebagai jalan oleh para pekerja. 

Konon katanya, sebelum desa di tempat tersebut terbentuk, telah terjadi kejadian aneh di desa tersebut. Kejadian anehnya yaitu penduduk sering terkena penyakit mematikan dan hal tersebut membuat sesepuh desa memutuskan untuk melakukan mediasi.

Dalam mediasinya, beliau mendapatkan petunjuk agar para warganya tinggal di sisi selatan pohon bunut tersebut. Sejak warga menurutinya, wabah penyakit mematikan tersebut menghilang. Dari situlah pohon Bunut Bolong telah disakralkan dan kini dijadikan sebagai salah satu objek wisata terkenal di Bali.

Lokasi dan Rute

Lokasi Bunut Bolong berada di Desa Manggisari, Kec. Parkutatan, Kab. Jembrana, Bali. Letak desa ini berjarak hanya 35 km dari pusat kota Jembrana. Untuk tiba di lokasi wisata ini Anda akan menempuh perjalanan sekitar 55 menit.

Adapun rute untuk menuju kesana bisa ditempuh dari Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk kemudian menuju ke arah Jalan Parkutatan – Pupuan. 

Jam Operasional dan HTM

Berada di kawasan pemukiman warga, menjadikan objek wisata sejarah ini buka 24 jam dan bisa kapan saja untuk dikunjungi. Namun, agar tidak mengganggu jam istirahat warga sekitar, disarankan berkunjung sampai pukul 9 malam saja sesuai dengan etika bertamu.

Pada objek wisata ini para pengunjungnya tidak dikenakan harga tiket masuk, alias gratis. Dengan begitu, maka tempat ini cukup banyak diminati dan dikunjungi oleh wisatawan luar kota bahkan luar negeri.

Daya Tarik

Meski hanya sebuah pohon unik dan sakral, namun tempat ini menyimpan daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Selain daya magisnya yang kuat, ada beberapa daya tarik Bunut Bolong lain yang tersimpan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terdapat Pura Besar

Di tengah-tengah pemukiman warga, berdiri sebuah pura besar yang masih aktif digunakan sebagai tempat sembahyang oleh warga setempat. Memiliki bangunan pura yang unik dan khas, menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Pada pura ini memiliki anak tangga yang mengarah langsung ke pintu masuk gapura. Gapura pura tersebut terbuat dari batu ukiran yang cantik dan unik. Memiliki bagian dinding yang berwarna cokelat, menjadikan pura ini tampak estetik dan indah.

2. Lembah Naga

Selain pura, di tempat wisata ini juga terdapat lembah naga, yaitu lembah yang berada di sudut desa. Pada lembah ini menyuguhkan pemandangan alam yang unik dan ciamik. Di lembah ini, Anda bisa melihat pemandangan berupa bukit-bukit, hutan, serta berbagai pemukiman di sekitar lembah.

Memiliki sudut pemandangan yang unik, menjadikan tempat ini cocok bagi Anda yang suka berfoto dengan background alam alami. Di tempat ini juga cocok jika digunakan sebagai spot foto prewedding.

Bagi Anda yang tertarik dengan tempat-tempat wisata bersejarah dan kental dengan mistis, maka bisa berkunjung di Bunut Bolong Jembrana. Selamat Berlibur!