Putri Bali Rental

Bali International Film Festival

Bali International Film Festival, Saksikan!

Festival film adalah ajang yang dinanti-nanti oleh para penikmat film karena berisi presentasi film yang diadakan pada satu atau lebih tempat pemutaran film. Salah satu festival film bergengsi di kancah international yakni Bali International Film Festival.

Adapun Bali International Film Festival ini menjadi best Asian film festival yang menyajikan film-film international terkini yang menjadi acara menarik untuk diikuti oleh penonton sajian film karya bangsa sendiri ataupun negara lain.

Kapan Sih Ajang Bali International Berlangsung?

Buat Anda yang penasaran, dengan kapan Bali International Film Festival atau Balinale berlangsung, maka ajang festival film ini digelar pada tanggal 9 hingga 12 Juni di Cinema XXI Beachwalk, Kuta Bali.

Adapun dalam festival film ini akan memutar sebanyak 63 daftar film yang mewakili 26 negara dari seluruh dunia.Balinale ini terus mengikuti tradisi sebelumnya dimana menghadirkan film independen dengan berbagai gaya, genre, ataupun bahasa.

Festival film 2022 yakni Bali International Film Festival ini memang menjadi ajang yang terus dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia. 

Hal ini karena secara menakjubkan Balinale mampu menghadirkan film panjang maupun pendek, film documenter juga film doku-drama yang dihadirkan pada layar bioskop maupun kanal daring. Bahkan hebatnya, sebagian film yang ditayangkan merupakan film yang baru dirilis.

Film-film tersebut bahkan sangat berkelas seperti yang masuk dalam World Premiere, Asian Premiere, juga Indonesia Premiere yang diproduksi oleh produser global ataupun produse lokal. Festival ini akan memuaskan movie-goers, pelaku industry, komunitas ataupun hanya penonton awam.

Berapa Jumlah Film yang Ditayangkan

Program Balinale ini ialah persembahan dari produser sekaligus merangkap sebagai sutradara Hong Kong. Yakni Stanley Kwan dimana menghadirkan karya inovatif klasik yang telah direnovasi yakni Rouge (1988).

Dalam Bali International Film Festival ini akan ditayangkan 63 film. Yang menjadi wakil dari 26 negara dimana diputar dalam empat hari festival. Dimana juga menjadi ajang pemutaran perdana dunia (World Premiere). Film Keluarga Cemara 2 pada rangkaian festival di tanggal 9 Juni 2022.

Balinale ini memang menjadi ajang festival film yang sudah diakui secara internasional. Sebagai sebuah festival film utama yang ada di Asia Tenggara. 

Misi Balinale International Film Festival

Dalam hal ini, adanya Balinale berupaya untuk mempromosikan pembuatan film. Yang diproduksi oleh produser Indonesia baik produser yang telah mapan dan terkenal ataupun pemula yang baru berkembang. Secara kreatif guna memahami dinamika isu yang terjadi.

Adapun misi dari festival film Balinale ini adalah sebagai berikut:

1. Menampilkan Karya Terbaik Film Indonesia

Misi utama adanya Balinale ini adalah dijadikan sebagai ajang dalam mempromosikan film, sinema independen, dan karya terbaik dari dunia perfilman Indonesia. Saat ini, telah banyak karya film Indonesia yang memperoleh pengakuan secara global pada festival film Internasional.

Beberapa diantaranya seperti festival Locarno Film Fetival, Red Sea Festival di Arab Sauda, Toronto, Busan di Korea Selatan dan lainnya.

2. Mengekspos Film Indonesia sebagai Kebanggaan

Misi selanjutnya yakni Balinale dengan semangat untuk terus mengekspos perfilman Indonesia dalam kancah line-up internasional. Tentu saja hal ini akan mendorong terciptanya kebanggan juga semangat dari produser film lokal di Indonesia.

3. Mendorong Pembuatan Film Mengeksplorasi Tema lebih Luas

Adanya Balinale ini juga berupaya mendorong para pembuatan film agar terus memiliki inovasi dalam membuat film. Pembuat film dapat mengeksplor tema dan genre baru yang jauh lebih luas. Guna kemajuan industry maupun ekosistem baru, tentu saja diluar tema yang paling laris yakni laga dan horror.

Baiklah, mungkin itu saja pembahasan mengenai Bali International Film Festival yang belum lama ini sudah berlangsung di Bali. Untuk festival film selanjutnya, Anda bisa menantikannya untuk melihat berbagai pertunjukkan film yang berlaga di Indonesia ataupun dunia.