Putri Bali Rental

tari yang berasal dari Bali

5 Tari yang Berasal dari Bali, Unik!

Bagi Anda yang suka menari dengan tarian tradisional, sudahkah Anda mencoba tari yang berasal dari Bali? Jika belum, simak pembahasan yang bisa Anda ketahui mengenai beberapa tari yang berasal dari Bali.

Sebagai negara yang memiliki beragam budaya, Indonesia pun memiliki sekitar 3.000 tarian yang berasal dari berbagai daerah. Anda bisa menarikan tarian tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.

Salah satu tarian tradisional tersebut dari daerah Bali. Namun, sudah tahukah Anda bahwa Bali bukan hanya Tari Kecak dan Pendet, tetapi masih ada tarian lainnya yang bisa Anda coba. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai lima tari yang berasal dari Bali.

1. Tari Kecak

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tari yang berasal dari Bali satu ini. Tari Kecak menjadi salah satu tarian tradisional yang terkenal di Indonesia. Tari ini dipertunjukkan secara massal mulai dari puluhan hingga ratusan penari laki-laki yang duduk dengan melingkar.

Dinamakan Tari Kecak karena penari laki-laki mengangkat kedua lengan mereka ke atas sambil mengatakan “Cak ke cak ke cak.” Biasanya, penari akan menggunakan kostum dengan motif kotak-kotak putih hitam atau motif poleng yang mirip seperti papan catur.

2. Tari Pendet

Salah satu tari yang berasal dari Bali cukup terkenal lainnya adalah Tari Pendet. Tari Pendet ini dipersembahkan untuk leluhur Bhatara dan Bhatari. Biasanya, Tari Pendet dipertunjukkan di halaman Pura yang menghadap ke sebuah palinggih, tempat Bhatara dan Bhatari diistanakan.

Biasanya, Tari Pendet dibawa oleh penari perempuan yang berpakaian adat dengan membawa canang sari atau bokor berisi bunga.

Ada pun susunan pakaian dari Tari Pendet, yaitu sabuk prada, cerik atau anteng, dan kamben songket. Tak hanya itu, Tari Pendet juga mesti dilengkapi dengan alat-alat upacara, seperti sangku, kendi, mangkok perak, dan lain sebagainya.

3. Tari Barong

Tari daerah Bali lainnya, yaitu Tari Barong. Dimana, tari ini menceritakan tentang perlawanan antara kebajikan dan kejahatan. Barong diambil dari kata bahruang atau beruang.

Meski yang dilukiskan, beruang banyak wujud binatang lainnya, tetapi tergantung dari jenis Tari yang dipertunjukkan.

Biasanya, Tari yang satu ini dibawa oleh dua orang laki-laki, yaitu satu orang memainkan di bagian kepala dan satu orang lainnya memainkan di bagian ekor.

4. Tari Topeng

Pernah lihat Tari Topeng Wali atau Tari Topeng Pajegan?

Salah satu tari daerah asal Bali ini dipertunjukkan untuk upacara keagamaan, seperti upacara potong gigi, upacara tiga bulan kelahiran anak, upacara perkawinan, dan sebagainya. Biasanya, Tari Topeng ini dibawakan oleh seorang penari laki-laki.

Pajegan berasal dari kata majeg, yaitu melakukan segalanya seorang diri atau sendirian. Tak heran, tarian ini hanya ada seorang penari yang menampilkan suatu cerita dengan serangkaian tokoh yang berbeda.

5. Tari Baris

Pernah melihat tarian yang berbaris di Bali? Jika pernah, maka itu bernama Tari Baris. Tarian yang posisi penarinya berbaris ini dipertunjukkan untuk suatu ritual. Meski begitu, saat ini Tari Baris juga dipertunjukkan untuk hiburan.

Tari Baris ini menceritakan tentang keberanian ksatria Bali yang tengah bertempur demi membela sang raja. Tak heran, penari Tari Baris akan menggerakkan badannya seperti sedang bertempur.

Penutup

Itulah pembahasan dari blog Putri Bali Rental mengenai beberapa tari yang berasal dari Bali. Dari beberapa tarian Bali di atas, Anda sudah melihat tarian yang mana? Atau malah Anda sudah menghapal salah satu tarian di atas?